Tentang Radio IQ

Ibnul Qoyyim FM adalah radio dakwah non profit oriented yang berada dalam naungan Perkumpulan Radio Komunitas Ibnul Qoyyim, menyerukan Dakwah Ilmiah Islamiyyah, dakwah yang berorientasi pada pemahaman, pendalaman dan pengaplikasian kemurnian beragama dengan berpedoman pada Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman shahabat Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mulia.

Ibnul Qoyyim FM memiliki studio mungil di Gedung Masjid Zaadul Ma’aad Ponpes Ibnul Qoyyim, Jl. Projakal Km 5,5 No.267 RT053 Graha Indah Kota Balikpapan.

galeri_studio_IQ_1

Ibnul Qoyyim FM dengan Daya Pemancar 50 Watt mampu menjangkau hampir seluruh komunitas di sekitar luas pancaran.

Sebagai radio da’wah non profit oriented, Ibnul Qoyyim FM sangat independen dalam penyusunan materi siaran, tidak berada di bawah kendali kepentingan pihak atau parpol manapun dan sangat berupaya untuk selektif dalam penyiaran sesuai dengan koridor Syari’ah yang mulia di bawah bimbingan para Asatidzah wa Masyayikh ( para ustadz dan ‘ulama ) Ahlussunnah.

Ibnul Qoyyim FM sebagai radio dakwah non profit oriented, sangat concern dan antusias serta menjadi satu-satunya radio komunitas  pertama di Kota Balikpapan yang mendukung program mewujudkan Balikpapan kota Beriman dengan dukungan siaran dakwah yang mengutamakan perbaikan tauhid/aqidah, akhlaq dan seluruh sendi kehidupan beragama masyarakat. InsyaAlloh.

 

LATAR BELAKANG

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya):

  1. Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan debatlah mereka dengan cara yang baik. (QS. An-Nahl 125).
  2. Kalian (ummat Islam) adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia. (Karena kalian) menyuruh(berbuat) yang baik dan mencegah dari yang mungkar. (QS. Ali Imran 110).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

  1. Senantiasa ada sekelompok dari ummatku yang menampakkan, menjunjung tinggi kebenaran, tidak memudhorotkan bagi mereka orang-orang yang menyelisihi dan menghinakan mereka sampai datang keputusan Allah dalam keadaan mereka tetap kokoh seperti itu.

(Hadits Shahih dari Al Mughirah bin Syu’bah riwayat Bukhari-Muslim).

  1. Sungguh seandainya Allah memberikan hidayah pada seseorang melalui engkau maka itu lebih baik daripada unta merah (kendaraan termahal pada saat itu).

(Hadits Shahih dari Sahl bin Sa’ad riwayat Bukhari-Muslim).

Bertolak dari upaya pengaplikasian ayat-ayat Al Quran dan bimbingan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits-haditsnya yang mulia, bahwasannya adalah merupakan suatu kemestian dan keniscayaan adanya suatu kelompok masyarakat yang senantiasa selalu berupaya untuk menyerukan kebaikan dengan tujuan perbaikan ummat, menampakkan kebenaran dan keadilan di atas hakekat kebenaran, membimbing ummat kepada jalan yang lurus, jalan kebaikan yang telah diajarkan agamanya, memperbaiki aqidah dan moralitas bangsa, memperingatkan dari seruan-seruan kejahatan dan kejelekkan dan menawarkan solusi problematika ummat di atas cahaya hidayah syariat Allah dan RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang pasti kebenarannya dan pasti hasil akhirnya dengan berbagai sarana fasilitas dan bentuk penyampaian pencerahan agama kepada ummat. Adalah salah satunya kami memilih mengupayakan semua itu melalui siaran radio FM, dengan pertimbangan merupakan salah satu sarana yang murah dan hampir-hampir mayoritas masyarakat memilikinya serta memungkinkan mengcover seluruh lapisan masyarakat baik di kota ataupun di desa yang masih dalam range coverage area pancaran signal FM.

 

MAKSUD DAN TUJUAN 

  1. Mengagungkan syiar-syiar Allah dengan memperdengarkan Kalamullah dan hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  2. Menyeru dan membimbing ummat kepada jalan kebaikan, jalan yang lurus yang ditunjukkan oleh Al Quran dan As Sunnah.
  3. Melakukan tashfiyyah (pemurnian) dan tarbiyyah (pembelajaran) kepada ummat di atas Sunnah.
  4. Membantu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berilmu agama yang shahih.
  5. Berperan serta memurnikan aqidah ummat dan memperbaiki moralitas masyarakat.
  6. Berperan serta mewujudkan Kota Balikpapan sebagai Madinatul Iman secara hakiki.